The organizational structure
1.1 Struktur Organisasi
Struktur organisasi Program Studi Sarjana Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dapat dilihat pada Gambar 2.1.
Prodi bertugas
mengkoordinasikan program terkait dengan penjaminan baku mutu pendidikan. Prodi
dipimpin oleh Koordinator Program Studi (Koprodi), dan bertanggung jawab kepada
Dekan. Berkaitan dengan penilaian kinerja akademik khsususnya bila dikaitkan
dengan peringkat akreditasi, Prodi merupakan Program Studi yang bertanggung
jawab untuk penyelengaraan proses pembelajaran di tingkat Strata-1.
Dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, Program Studi
Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana terdiri dari:
1) Unsur Pelaksana Akademis: Program Studi dan Kelompok Dosen.
2) Unsur Pelaksana Administrasi: Kelompok Pegawai.
3) Unsur Penunjang: Tim Pelaksana Penjaminan
Mutu, Unit Informasi dan
Komunikasi, Unit Kerjasama Internasional, Unit Pengelola Jurnal Ketua dan Unit
Pengelola Ruang Baca.
1.2 Uraian Tugas
1.2.1 Koordinator Program Studi Sarjana
Manajemen
Koordinator Program Studi Manajemen bertugas menyusun rencana,
memberi petunjuk, mengkoordinir dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan
pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang
dilaksanakan dosen di lingkungan Program Studi Manajemen setelah
dikoordinasikan dengan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan berdasarkan
ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Secara rinci tugas
Koordinator Program Studi Sarjana Manajemen adalah sebagai berikut :
1) Menyusun Road Map keilmuan prodi.
2) Menyusun kurikulum berdasarkan
SN Dikti untuk Program Studi Manajemen.
3) Merencanakan, melaksanakan, dan
mengawasi kegiatan Tri Dharma di Prodi.
4) Menyusun Program Kerja Prodi berdasarkan hasil rapat dosen Prodi.
5) Mempersiapkan Borang Akreditasi
Prodi Sarjana Manajemen.
6) Menyiapkan evaluasi tahunan
mahasiswa Prodi Sarjana Manajemen.
7) Memonitor dan mengevaluasi
kegiatan akademik.
8) Melakukan koordinasi dengan
Prodi lain tentang penerapan kurikulum dalam perkuliahan pada tiap semester.
9) Mengkoordinasikan dengan Prodi
lain untuk persiapan kebutuhan administrasi dan sarana/prasarana yang terkait
dengan proses pembelajaran
10) Mengkoordinasikan dengan Prodi
lain untuk menyusun jadwal perkuliahan.
11) Mengkoordinasikan dengan Prodi
lain untuk menyusun perencanaan dan monev kinerja dosen, staf administrasi,
teknisi dalam menjalankan proses pembelajaran.
12) Mengkoordinasikan dengan Prodi
lain untuk pengelolaan sarana dan prasarana proses belajar mengajar.
13) Mengkoordinasikan dengan
Laboratorium untuk proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
14) Mengelola proses pelaksanaan
pendidikan hingga terselenggaranya yudisium.
15) Menentukan pembimbing akademik,
dan pembimbing skripsi.
16) Menyusun evaluasi diri Prodi dan
membuat perencanaan pengembangan Prodi atas dasar evaluasi diri.
17) Melakukan pembinaan terhadap
dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.
18) Merintis perjanjian atas nama
Fakultas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
dengan pihak lain di dalam dan di luar negeri sesuai peraturan yang berlaku
dengan dilanjutkan kerja sama formal yang ditetapkan oleh Dekan.
19) Melakukan
koordinasi fungsional dengan Wakil Dekan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perancanaan, Wakil
Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang
Kemahasiswaan dan Informasi.
20) Melakukan pemantuan dan evaluasi proses
belajar mengajar setiap semester di Prodi.
21) Melaporkan hasil kerjanya kepada
Dekan.
1.2.2 Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM)
TPPM Prodi bertugas merencanakan dan melaksanakan sistem
penjaminan mutu akademik di lingkungan Program Studi Sarjana Manajemen FEB Unud, membuat
perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu
akademik, memonitor pelaksanaaan sistem penjaminan mutu akademik, melaksanakan
audit dan evaluasi pelaksanaaan sistem penjaminan mutu akademik, dan melaporkan
secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik Program Studi
Sarjana Manajemen FEB
Unud pada setiap akhir semester. Secara rinci tugas Tim
Pelaksana Penjaminan Mutu adalah sebagai berikut :
1) Melakukan inventarisasi kegiatan
pendidikan, penelitian dan
pengabdian masyarakat dosen.
2) Melakukan pemantuan dan evaluasi proses
belajar mengajar setiap semester di Prodi.
3) Menjalankan fungsi Unit Penjaminan Mutu.
4) Memfasilitasi Prodi untuk monev kinerja
dosen dan tenaga kependidikan di Prodi dan melaporkan ke Dekan.
1.2.3 Ketua Unit Informasi dan Komunikasi
(Infokom)
Ketua Unit Infokom bertugas melaksanakan atau membuat
sistem informasi dan komunikasi akademik, perencanaan keuangan/anggaran, sistem
informasi kepegawaian, sistem informasi umum perlengkapan/aset di lingkungan FEB Unud,
melaksanakan atau membuat acuan tentang aplikasi dan penggunaan serta
pemanfaatan sistem informasi dan komunikasi, melaksanakan tugas yang ditetapkan
oleh Dekan mengenai perencanaan sistem informasi dan komunikasi secara
menyeluruh di lingkungan FEB Unud berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan
pimpinan Fakultas, Merencanakan dan melaksanakan kegiatan
pendidikan dan pelatihan aplikasi komputer kepada mahasiswa, melaksanakan tugas
pengkajian dan penelitian terhadap pelaksanaan aplikasi komputer, serta
melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Dekan yang terkait dengan
mekanisme perencanaan sistem dan pengendalian/pengawasan pada umumnya.
1.2.4 Ketua Unit Kerjasama Internasional (UKI)
Ketua UKI bertugas mempersiapkan dan menyusun rencana
kegiatan kerjasama internasional FEB Unud, melaksanakan kegiatan dibidang
kerjasama internasional, menyusun rencana kegiatan laboratorium Bahasa Inggris
untuk dosen, pegawai dan mahasiswa, mengkoordinir pelaksanaan persiapan dan tes
TOEFL untuk mahasiswa program S1 sebagai persyaratan ujian skripsi dilingkungan FEB Unud, serta
melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Dekan yang terkait dengan
kerjasama internasional antara FEB Unud dan berbagai institusi asing.
1.2.5 Ketua Jurnal Ilmiah
Ketua Jurnal Ilmiah Program Studi Sarjana Manajemen
bertugas menghimpun hasil buah pikiran yang berupa kajian, penelitian, studi,
seminar dan lain-lain pada jenjang S1 sampai S3, dalam bentuk karangan ilmiah
populer dari kalangan dosen Program Studi Sarjana Manajemen FEB Unud, serta
tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pengembangan jurnal dan perancangan
sistem dalam rangka pemuatan jurnal ilmiah secara elektronik melalui E-Jurnal Manajemen dan jurnal Matrik
Program Studi Sarjana Manajemen FEB Unud.
1.2.6 Ketua Ruang Baca
Ketua Ruang Baca bertugas menata
buku-buku di ruang baca, mengawasi kelancaran dan ketertiban operasional ruang
baca, melakukan pengawasan staf dan pengunjung ruang baca, melakukan
administrasi ruang baca dan tugas-tugas lain yang diberikan atasan terkait
dengan ruang baca.
1.3 Personalia
Koordinator PSSarjana Manajemen :
Dr. I Made Artha Wibawa, S.E., M.M.
Ketua Tim Pelaksana Penjaminan Mutu Prodi Manajemen :
Dr. I.G.N. Jaya Agung Widagda K., SE., MM.
Ketua Unit Informasi dan Komunikasi (Infokom) :
I Nyoman Nurcaya, SE., MM
Ketua Unit Kerjasama Internasional :
I Gusti Bagus Honor Satrya, B.Bus Comm., MIB
Pengelola Jurnal Matrik : Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan
Ketua : Dr. Ica Rika Candraningrat, SE., MM
Anggota : Dr. I Made Surya Negara Sudirman, SE., Ak.,
MM
Ni Made Rastini, SE., MM
Pengelola E- Jurnal Manajemen
Ketua : Dr. Ica Rika Candraningrat, SE., MM
Anggota : Dr. I Made Surya Negara Sudirman, SE., Ak.,
MM
Ni Made Rastini, SE., MM
Ketua Pengelola Ruang Baca:
Ni Wayan
Sriwati, SE
FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS - UDAYANA UNIVERSITY